Malas Menulis Karena Komputer


Pernahkah anda berfikir bahwa menggunakan komputer dalam mengerjakan suatu tugas itu dapat membuat kita menjadi malas menulis ? Banyak kerugian yang diperoleh jika kita menulis menggunakan komputer. Salah satunya adalah tidak menghasilkan tulisan yang baik menurut ejaan yang disempurnakan. Karena pada dasarnya, pengaturan pada komputer itu menggunakan bahasa inggris. Misalnya kita ingin menulis kata sistem, maka yang ditampilkan setelah mengetik kata itu adalah system. Banyak orang salah mengartikan bahwa kata system itu adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Akhirnya mereka terus menggunakan kata tersebut tanpa perduli akan kesalahan dalam penulisannya.

Kerugian yang lain adalah salah dalam penggunaan tanda baca, penulisan kalimat maupun kata penghubung. Kita sering melupakan hal tersebut yang kita anggap mudah, namun pada kenyataannya, hal itu akan memupuk kita untuk terus melakukan kesalahan di masa yang akan datang.

Khalayak umum berpikir bahwa dalam menggunakan komputer akan memperingan pekerjaan mereka, karena mereka tidak perlu repot untuk membawa kertas ke manapun mereka pergi. Cukup dengan menggunakan alat bantu berupa flashdisk sebagai alat untuk menyimpan data yang telah mereka kerjakan. Padahal dengan menulis di kertas atau buku itu akan melatih otak kita untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Tidak ada salahnya jika kita menggunakan komputer untuk menyelesaikan suatu tugas. Tetapi alangkah baiknya jika selangi dengan menulis di kertas atau buku supaya kita tidak melupakan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (*)

Betris Yuliana, Mahasiswi Politeknik Batam

1 komentar:

bembengthio mengatakan...

ada lagi minusnya bung, selain buat mata cepat rusak, tangan juga cepat terasa pegal kalau menulis beberapa kalimat saja.

Posting Komentar